Di Gunung Dempo ada Materi Murni Melebihi Emas?

September 3, 2013 at 8:26 am | Posted in Uncategorized | Leave a comment

Di Gunung Dempo ada Materi Murni Melebihi Emas?

Ada materi yang lebih murni dari emas di sekitar Gunung Dempo, masak sih? bisa jadi.  Hal tersebut dikemukakan oleh Jurnalis Sutrisman Dinah yang mendesak pemerintah melakukan penelitian besar-besaran di kawasan Gunung Dempo mengingat banyak sekali penemuan-penemuan purbakala di daerah tersebut, dalam kutipan saya sebelumnya disebutkan bahwa Lahat dan Pagaralam memiliki temuan situs paling banyak di dunia. Menarik bukan. Memang bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah, dan lebih penting lagi adalah bagaimana mengaktualisasikan nilai-nilai masa lalu ke konteks kekinian.

Silahkan baca beritanya dibawah ini yang saya kutip dari detik.com

Penemuan Arca Dewi di Pagaralam/ Dok Detikcom

Palembang – Banyak sekali penemuan benda purbakala di Pagaralam, Lahat, dan daerah lain di sekitar Gunung Dempo, Sumatera Selatan. Sudah seharusnya dengan banyaknya penemuan ini, pemerintah melakukan penelitian besar-besaran di daerah tersebut, sehingga akan menjawab berbagai persoalan bangsa ini.

“Pertama, soal identitas bangsa. Selama ini banyak sejarawan membangun teori bangsa di Nusantara berasal dari utara atau dari daerah lain. Tetapi adanya artefak bernilai tinggi dari masa prasejarah di sekitar Gunung Dempo, membuka peluang pengungkapan identitas kita sebenarnya. Jangan-jangan kebudayaan yang tersebar di Asia ini berasal dari Nusantara,” kata pekerja budaya dan jurnalis Sutrisman Dinah, kepada detikcom, menanggapi banyaknya penemuan artefak prasejarah di Pagaralam dan sekitarnya, Mingggu (4/3/2012).

Kedua, lanjutnya, kemungkinan adanya sumber energi atau materi murni. “Sebab biasanya sebuah masyarakat di masa lalu terbentuk di suatu tempat karena adanya benda-benda atau materi yang diyakini memiliki kelebihan. Artinya bisa jadi di sekitar Gunung Dempo terdapat materi yang lebih murni dari emas,” kata Sutrisman Dinah yang beberapa waktu lalu melakukan Ekspedisi Megalitikum Pasemah.

Yang ketiga, tentu saja potensi keindahan alam di Pagaralam. “Misalnya soal adanya air terjun yang tingginya puluhan kilometer, sumber air panas, yang sangat berpotensi menjadi objek wisata international.”

Namun, semua itu baru dapat diraih apabila pemerintah melakukan penelitian besar-besaran di kawasan tersebut. “Dampaknya Indonesia bukan sebatas Minangkabau, Bali, dan Jawa di mata international. Indonesia ini jauh lebih hebat dan tua kebudayaannya,” katanya.

Sumber: http://news.detik.com/read/2012/03/04/182037/1857516/10/pemerintah-perlu-lakukan-penelitian-besar-besaran-di-pagaralam-sumsel?9922022

Menarik juga membaca berita-berita terkait lainnya:
– Warga Pagaralam Sumsel Kembali Temukan Arca Purbakala
– Arca Dewi Dari Abad Ke-7 Ditemukan di Pagaralam
– Penemu Patung Prajurit Cina di Pagaralam Sempat Mimpi Lihat Candi
– Seorang Petani Pagaralam Sumsel Temukan Patung Buddha

– See more at: http://jusmanonline.blogspot.com/2012/03/di-gunung-dempo-ada-materi-murni.html#sthash.LI7LQHmz.dpuf

 

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: